Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata 5 hal ini sebab Terbentuknya Mindset

Mindset adalah pola berfikir yang di miliki manusia dalam merespon suatu peristiwa yang di hadapi dalam kehidupannya. Jika pola berfikirnya positif maka responnya akan positif. Pola berfikir ini di peroleh dari keseluruhan aktivitas manusia dari apa yang di lihat, di dengar dan di rasakan sejak sejak kecil hingga usianya saat ini. 

Pola berfikir yang semakin kuat dalam merespon suatu peristiwa akan menjadi belief atau keyakinan yang tidak mudah untuk di rubah. Secara teoritis belief didefinisikan sebagai penerimaan akan kebenaran sesuatu pemahaman oleh pikiran bahwa sesuatu adalah  benar dan nyata dan keyakinan seseorang bahwa sesuatu itu baik dan benar. Dengan kata lain belief adalah sesuatu yang di yakini kebenarannya.

Secara singkat ada beberapa hal yang menciptakan terjadinya sebuah belief system yang mengakar kuat dalam diri manusia:

1.Terbentuk karena adanya informasi yang berulang-ulang (repetisi), sehingga akhirnya menembus critical area dan masuk ke pikiran bawah sadar.

2.Terbentuk karena informasi yang disampaikan oleh figur yang dipandang kompeten (tenaga pengajar, pakar, ilmuwan) atau memiliki otoritas (orang tua, kakak, guru, pemimpin, orang kaya dll)

3.Terbentuk karena Informasi yang diterimanya merupakan identifikasi yang diberikan dari keluarga atau kelompok sosialnya. Hal-hal yang dipercayai oleh keluarga atau kelompok sosial lain dari seseorang akan mudah diterima pula bagi pikiran bawah sadar tersebut. 

4.Terbentuk karena Informasi yang diterimanya diberikan lewat suasana emosional yang tinggi dan mendukung (senastional feeling). Hal ini mudah ditemui pada kegiatan orasi yang dilakukan dengan emosional, seminar motivasi yang menggugah, semangat, kegiatan family gathering yang menggembirakan dan lain-lain.

5.Terbentuk karena informasi diterima dalam keadaan alpha (relaks) sehingga mengakibatkan kondisi hipnosis. Dalam hal ini tentu telah kita ketahui bersama, pada kondisi hipnosis kita mudah menerima sugesti. Yang lebih digaris bawahi adalah kondisi hipnosis yang terbentuk secara tidak sengaja, misalnya menerima informasi saat kita menjelang tidur dan sebagainya. Dalam kondisi ini sebuah informasi tersebut mudah masuk ke pikiran bawah sadar dan menjadikannya sebagai sebuah sugesti yang tidak disengaja.


Posting Komentar untuk "Ternyata 5 hal ini sebab Terbentuknya Mindset"