Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Konsep Kepemimpinan Entreprenuership Sebagai Modal Mewujudkan Goal Organisasi

Ada tiga tugas besar menjadi pemimpin, yang pertama mampu membawa arah organisasi, yang kedua mampu memberdayakan potensi dan yang ketiga adalah mampu meregenerasi. Tiga tugas ini akan dapat diwujudkan jika seorang pemimpin memiliki jiwa entreprenuership. Hal ini karena pemimpin yang memiliki jiwa entrepreneurship mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi, ketajaman intuisi dan kemampuan analitikal yang dapat diandalkan, mampu memimpin dan memotivasi orang lain, dan berani mengambil resiko dalam memanage dan menjalankan roda organisasi. 

Sukses tidaknya seseorang pemimpin melaksanakan tugas kepemimpinannya tidak ditentukan oleh sekedar oleh kemampuan teknis semata saja, akan tetapi lebih banyak ditentukan juga oleh keahliannya mengerakkan orang lain untuk bekerja dengan baik (managerial skills) dan mewujudkan ide-ide cemerlang menjadi kenyataan melalui proses kerja yang baik. 

Pemimpin yang berjiwa entrepreneur tidak melaksanakan sendiri tindakan-tindakan yang bersifat operasional, tetapi mengambil keputusan, menentukan kebijaksanaan dan menggerakan orang lain untuk melaksanakan keputusan yang telah diambil sesuai dengan kebijaksanaan yang telah digariskan. 

Pemimpin yang memiliki jiwa entreprenuership selalu memiliki kreativitas dan inovasi yang dibangun sebagai bentuk keterbukaan pada pengalaman, melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa, keingintahuan, menerima dan menyesuaikan sesuatu yang bersifat kontradiksi. Pemimpin yang memiliki jiwa entreprenuership juga akan selalu menerima perbedaan, independent dalam pemikiran, pertimbangan, tindakan, dan percaya pada diri sendiri. 

Tidak hanya tunduk pada standar pengawasan kelompok, mau mengambil resiko yang diperhitungkan, mampu berkonsentrasi dan berpikir dalam image dan tekun menghasilkan ide-ide baru. Pemimpin yang memiliki jiwa entreprenuership juga memiliki kemampuan intuisi dan analitikal yang diasah dalam penerapannya secara seimbang dan saling melengkapi menghasilkan informasi yang aktual dalam setiap pengambilan keputusan pemimpin. 

Pemimpin yang memiliki jiwa entreprenuership mampu memimpin dan memotivasi orang lain dengan berorientasikan pada tindakan-tindakan yang bersifat membangun dengan rangsangan yang efektif menghasilkan prestasi yang baik dari orang-orang atau anggota organisasinya. Keberanian mengambil resiko dengan pertimbangan dari pemikiran logis dan rasional menghasilkan keterpaduan dalam pemilihan ide-ide yang menguntungkan sebagai suatu prioritas yang membawa perubahan. Sejumlah karakter inilah yang akan memberikan jalan sehingga pemimpin yang memiliki jiwa entreprenuership akan lebih mudah meraih goal yang sudah direncanakan sebagai visi misi organisasi.

Posting Komentar untuk "Memahami Konsep Kepemimpinan Entreprenuership Sebagai Modal Mewujudkan Goal Organisasi"