Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 32 Daftar Soft Skills yang Paling di Butuhkan dalam Dunia Kerja

Dalam bekerja kita dituntut memiliki kemampuan dalam aspek hard skills dan soft skills, dari berbagai riset yang pernah dilakukan, ternyata aspek soft skill berkontribusi 82 % untuk dapat meraih kesuksesan dalam karier dan pekerjaan. Berikut 32 daftar soft skills yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja.

1. PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Mampu melakukan identifikasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pekerjaan dan menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pencapaian tujuan.

2. BERFIKIR ANALITIS

Mampu memahami situasi atau masalah kerja dengan menguraikannya menjadi urutan tugas, mampu mengidentifikasi indikator-indikator yang menyebabkan terjadi situasi atau masalah tersebut, dan dapat menguraikan masalah-masalah tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih rinci agar mudah di pahami, menemukan hubungan sebab akibat dari suatu masalah, dan mengkaji konsekuensi dari setiap tindakan.

3. BERFIKIR KONSEPTUAL.

Mampu untuk mengolah data yang beragam dan tidak lengkap menjadi informasi yang jelas, serta mampu mengidentifikasi pokok permasalahan dan dapat menciptakan konsep-konsep baru.

4. INISIATIF

Mampu melakukan tindakan dengan cepat tanpa menunggu perintah lebih dahulu untuk mencapai tujuan/sasaran unit organisasi, tindakan ini dilakukan untuk mencapai sasaran melampaui dari yang di isyaratkan.

5. KEAHLIAN TEKNIKAL

Mampu penguasaan bidang pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan berupa teknik, manajerial maupun profesional, serta memiliki motivasi untuk menggunakan dan mengembangkan serta memberikan pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan orang lain.

6. KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI

Mampu untuk menyelaraskan sikap dan prilaku dengan mengutamakan kepentingan organisasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi organisasi.

7. PRO AKTIF

Mampu untuk bertindak melebihi yang di butuhkan atau yang di tuntut oleh pekerjaan dengan melakukan sesuatu tanpa menunggu perintah lebih dahulu.

8. KREATIF DAN INOVATIF

Mampu mengembangkan pemikiran-pemikiran baru untuk pengembangan organisasi, dengan memacu kreativitas serta berfikir bahwa ada yang lebih baik dari yang sebelumnya.

9. PERBAIKAN TERHADAP KETERATURAN

Mampu untuk mengatasi ketidakpastian khususnya terkait dengan penugsan, kualitas dan ketepatan dan dan informasi di tempat kerja.

10. PERCAYA DIRI

Mampu pada kemampuan diri sendiri dalam melaksanakan tugas pekerjaan .

11. PENGENDALIAN DIRI

Mampu untuk mengendalikan diri pada saaat menghadapi masalah yang sulit, kritik dari orang lain atau pada saaat bekerja dibawah tekanan dengan tetap menghadirkan sikap positif.

12. SEMANGAT UNTUK BERPRESTASI

Mampu melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik untuk meningkatkan kinerja secara efektif dan efesien

13. PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS

Mampu mengikuti perkembangan lingkungan, mengidentifikasi masalah-masalah utama yang di hadapi organisasi dan menentukan tindakan-tindakan strategis untuk mewujudkan visi dan misi organisasi.

14. PENGATURAN KERJA

Mampu melaksanakan pekerjaan yang efesien dengan efektivitas waktu dan sumber daya seseorang.

15. PEMBELAJAR YANG BERKELANJUTAN

Mampu mencari dan menerapkan pengetahuan baru untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

16. MENCARI INFORMASI

Mampu mengumpulkan data/informasi yang di butuhkan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pekerjaan dan pengambil keputusan.

17. MENGAMBIL RESIKO

Mampu dalam hal keberanian melakukan tindakan yang di dasarkan pada perhitungan manfaat maupun dampak yang di timbulkan oleh tindakan tersebut.

18. PERBAIKAN TERUS MENERUS

Mampu melakukan tindakan perbaikan secara terus menerus dengan menggunakan cara-cara yang tepat agar pekerjaan dapat terlaksana dengan efesien dan efektif.

19. MENGEMBANGKAN ORANG LAIN

Mampu melakukan upaya mendorong pengembangan orang lain agar berkerja lebih optimal.

20. MEMIMPIN RAPAT

Mampu memimpin rapat atau pertemuan dengan menggunakan metode hubungan antar manusia untuk mengembangkan ide0ide dari peserta rapat guna pencapaian tujuan.

21. BERORIENTASI KEPADA PELAYANAN

Mampu memenuhi kebutuhan orang lain, menindaklanjuti kebutuhan orang lain, memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat, mencari informasi mengenai kebutuhan yang sifatnya mendasar dan spesifik untuk menyesuaikan kebijakan pelayanan yang ada serta memilki program pelayanan jangka panjang.

22. KOMUNIKASI

Mampu menyampaikan informasi atau pendapat dengan jelas kepada pihak lain, dan membantu mereka memahami informasi atau pendapat yang di sampaikan.

23. MEMIMPIN KELOMPOK

Mampu untuk berperan sebagai pemimpin kelompok kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

24. EMPATI

Mampu untuk mendengarkan dan memahami fikiran, perasaan, atau masalah orang lain yang tidak terungkapkan atau tidak sepenuhnya di sampaikan.

25. PENDELEGASIAN WEWENANG

Mampu melimpahkan kewenangan pengambilan keputusan kepada bawahan secara tepat agar pelaksanaan pekerjaan lebih efektif dan efesien.

26. MEMBANGUN HUBUNGAN KERJA

Mampu menjalin hubungan dengan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan pekerjaam, memprakasi pembicaraan-pembicaraan ringan yang berhubungan dengan hal yang umum seperti keluarga, olah raga, musik, berita koran dan sbg nya serta mampu membangun kesepakatan dengan pihak-pihak yang terkait mengenai pekerjaan yang akan di laksanakan.

27. MEMBIMBING

Mampu memberikan bimbingan dan umpan balik secara teratur terhadap bawahan agar bekerja secara terarah sesuai dengan rencana dan mampu menjelaskan tugas secara rinci agar bawahan dapat melakukan tugasnya dengan baik dan mampu mendorong bawahan agar bekerja optimal, patuh terhadap perintah. 

28. MANAJEMEN KONFLIK

Mampu mengatasi konflik yang terjadi pada orang lain dengan menyesuaikan nilai-nilai yang ada pada orang-orang tersebut untuk mengatasi konflik yang terjadi

29. MENGARAHKAN/MEMBERIKAN PERINTAH

Mampu memberi petunjuk secara rinci dan jelas tentang tugas yang di harapkan, kemampuan memberikan ketegasan menolak permintaan yang tidak masuk akal, dapat meminta kepatuhan atas perintah dengan pengawasan yang ketat.

30. MEMBANGUN HUBUNGAN KERJA STRATEGIK

Mampu mengembangkan dan melaksanakan hubungan kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.

31. TANGGAP AKAN PENGARUH BUDAYA

Mampu menghargai keragraman budaya dan perbedaannya yang menjadi latar belakang individu dengan tidak mempertentangkan budaya-budaya yang ada  dan bahkan dapat menjadi potensi untuk pencapaian tujuan organiasi.

32. KESADARAN BERORGANISASI

Mampu mengenali dan dapat memanfaatkan struktur formal atau hirarkhi suatu organisasi, rantai perintah kekuasaan setiap jabatan, peraturan serta standar operasi prosedur.

Dengan memililki 32 soft skills tersebut, bisa dipastikan anda akan mudah untuk meraih kesuksesan anda terutama didunia kerja. Selamat terus mengasah soft skills nya yaa.

Posting Komentar untuk "Inilah 32 Daftar Soft Skills yang Paling di Butuhkan dalam Dunia Kerja"