Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk Jago Berkomunikasi ternyata Anda hanya cukup Menguasai 3 V ini

Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan pertama yang harus dimiliki agar kita dapat meraih kesuksesan hidup, hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Warren Buffett salah satu orang terkaya didunia. Dia menyebutkan bahwa jika kita tidak melatih kemampuan berkomunikasi maka ini adalah hutang yang harus dibayar agar kesukesan dapat kita raih. Anda dapat melihatnya di 10 Kemampuan yang Paling di Butuhkan untuk Sukses

Bagaimana sebenarnya cara berkomunikasi yang efektif. Berikut beberapa kemampuan teknis yang harus kita ketahui dalam berkomunikasi.

Kuasai rumus 3 V (Visual, Verbal dan Vokal)

Visual berkaitan dengan apa yang orang lihat didiri kita, sehingga pemahaman ini menuntut kita untuk dapat memperhatikan aspek penampilan diri kita, mulai dari berpakaian, potongan rambut, pemilihan corak warna pakaian, aksesories, dan bahasa tubuh kita. 

Verbal berkaitan dengan pilihan kata yang akan kita gunakan. Pilihan kata yang sesuai  akan mempermudah pemahaman pemaknaan bagi lawan bicara kita. Jangan menggunakan pilihan kata yang sulit untuk dipahami hanya sekedar terlihat keren. Tetapi jika di forum resmi yang memang menuntut kita untuk bicara formal dan keren dipersilahkan. Pemahaman tentang verbal ini adalah berbicara sesuai dengan akal dan nalar lawan bicara kita.

Vokal ini suara yang terdengar oleh lawan bicara kita, sehingga vokal yang baik itu harus jelas artikulasi ucapannya, sesuai intonasi dan kecepataannya,  tidak juga terlalu lambat dan tidak terlalu cepat dalam berbicara. Apalagi kalau kita menggunakan istilah-istilah asing sebaiknya dilatih dulu agar kita tidak salah dalam mengucapkannya.

Demikian tips sederhana untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, tentunya untuk menjadi ahli kita harus terus berlatih dan berlatih, karena berlatih adalah ibu dari pengetahuan.

Jangan takut berbicara didepan umum, yang penting kita persiapkan diri kita dengan belajar dan meningkatkan jam terbang kita. Untuk penjelasan lebih detailnya klik Memahami Komunikasi dengan 3 V

Untuk konsultasi, training dan coaching hubungi Yusriadi Trainer  di WA : 0852-6595-0276

Posting Komentar untuk "Untuk Jago Berkomunikasi ternyata Anda hanya cukup Menguasai 3 V ini"