Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Bernegoisasi dengan Prinsip Menang-Menang

Negosiasi adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang. Negosiasi adalah seni untuk membuat orang lain mengambil jalan anda. Kebanyakan orang tidak mempunyai gagasan betapa mudahnya mempengaruhi orang lain. Orang mempunyai kekuasaan yang jauh lebih besar untuk mempengaruhi daripada yang mereka percayai. Banyak cara bagi anda untuk menggunakan kekuasaan untuk membantu mencapai sasaran anda. Pelajari dan gunakan pendekatan ini untuk memaksimalkan pengaruh anda.

Dipakai sebagai contoh. Tunjukkan contoh beberapa gagasan anda yang berhasil.Contoh yang paling baik berasal dari tempat kerja atau organisasi anda sendiri. Bila anda tidak dapat memberikan contoh yang dekat dengan perusahaan, carilah dalam industri. Ketika mempresentasikan gagasan yang dipakai sebagai contoh, katakan “ saya tahu ini akan berhasil karena ini pernah dilakukan sebelumnya. Contohnya demikian ...”

Legitimasi. Buat gagasan anda tampak logis dengan menggunakan dokumentasi. Laporan tertulis akan meningkatkan presentasi lisan. Informasi dari jurnal perdagangan, menyebutkan contoh sukses atau mengutip ahli yang terkenal, semuanya akan membuat kasus anda lebih baik.

Gigih. Bila air menetes di atas sebongkah batu, akhirnya air tersebut akan membuat sebuah lubang pada batu tadi. Demikian juga anda akan melemahkan lawan anda bila anda tetap bertahan. Anda menunjukkan kegigihan dengan tidak mau menerima jawaban tidak. Bertahanlah untuk melemahkan lawan anda.

Kompetisi. Beritahu orang bahwa anda mempunyai pilihan. Mereka akan merasa kurang aman mengetahui bahwa keperluan anda dapat dipuaskan dengan cara lain. 

Pengetahuan. Biarkan orang lain mengetahui keahlian anda. Tunjukkan kepada mereka kualifikasi anda. Semakin terkesan meraka akan kemampuan anda semakin mudah mempengaruhi mereka.

Rasionalitas. Berikan data kepada mereka untuk mendukung opini anda. Mepresentasikan data dalam tulisan akan menambah kekuatan anda.

Kedudukan. Anda dapat menggunakan kedudukan secara positif atau negatif. Bila orang berpendapat bahwa anda akan membuat suatu keputusan tanpa mempedulikan opini mereka, karena kedudukan anda memungkinkan, mereka akan mencari jalan untuk merongrong implementasinya. Jadi bila anda menggunakan kedudukan, lakukanlah hanya sebagai upaya terakhir, hanya sesaat mengingatkan orang lain akan posisi anda. Anda juga dapat meningkatkan kekuasaan anda dengan berhubungan dengan orang yang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi.

Negosiasi Taktik Menang – Menang

  • Hasil dari suatu negosiasi dapat menang – menang, menang kalah atau kalah – kalah. Di tempat kerja dengan atasan, teman sejawat atau bawahan anda sikaap menang kalah akan sering kembali kepada anda. Anda mungkin memenangkan ronde pertama, tetapi cepat lambaat yang kalah akan seri.Jadi beginilah cara untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan bersama.
  • Tetapkan sasaran bersama pada awalnya. Bahkan bila paremeternya luas, anda kan memusatkan perhatian pada sasaran bukannya saling menyerang.
  • Tetapkan aturan dasar untuk negosiasi, terutama bila negosiasi biasanya menciptakan konflik dan meluapnya emosi. Anda berdua mungkin setuju untuk saling mendengarkan tanpa menginterupsi, saling menghargai walaupun anda sebenarnya tidak setuju dengan isu tersebut atau bersikap fleksibel pada isu yang kurang penting.
  • Nyatakan keperluan anda dengan jelas. 
  • Tetapkan apa yang diperlukan oleh orang lain dengan mendengarkan. Bila anda dapat memenuhi keperluan tadi, kemungkinannya orang tersebut akan memenuhi keperluan nada. Pusatkan perhatian pada apa yang mereka katakan pada anda, bukan coba merumuskan penolakan.
  • Mula – mula carilah dasar bersama dan gunakan sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang lain. 
  • Tentukan prioritas dari isu; tentukan apa yang dapat dinegosiasikan dan apa yang tidak dapat.
  • Cobalah untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain. Bacalah bahasa non verbal yang mereka tunjukkan. Apa yang tercermin pada ekspresi wajah mereka ? Bagaimana gerakan mata mereka ketika anda maminta komitmen mereka ? Dan apa yang dapat anda ketahui dari sikap badan dan gerakan tangan mereka ?
  • Hindari beradu pendapat, terutama mengenai isu yang kecil. Latihlah diri anda untuk menyetujui hal – hal kecil sehingga anda membina suasana kerja sama yang memusaatkan perhatian untuk memecahkan hal yang lebih penting.
  • Selesaikan masalah setiap kali muncul, sehingga tidak menumpuk dan meliputi diskusi anda.
  • Jangan sampai membelok dari pokok permasalahan. Bila negosiasi anda mulai membelok, kembaalikan kejalurnya kembaali.
  • Bersikaplah kreatif. Carilah gagasan alternaatif yang masih memberikan keuntungan untuk semua 
  • Hentikan negosiasi dari waktu ke waktu untuk mengutarakan perasaan anda. Tanyakan bagaimana perasaan orang lain. Bila perasaannya negatif cari jalan untuk mengatasi permusuhan sehingga anda dapat meneruskan memecahkan masalah dengan semangat konstruktif.
  • Kalau diskusi menjadi meragukan perjelas pemahaman anda dengan membuat ringkasan.
  • Dalam lingkungan dengan serikat kerja, waspadailah topik -.topik yang dipengaruhi oleh persetujuan kolektif. Hal ini tak boleh dinegosiasikan atas dasar satu lawan satu.   

 

             









































Posting Komentar untuk "Inilah Cara Bernegoisasi dengan Prinsip Menang-Menang"